Aplikasi PayLater Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan Konsumen

Aplikasi PayLater Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan Konsumen

Apa aplikasi paylater terbaik yang menjadi pilihan konsumen dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini?

Berdasarkan hasil survey terbaru Populix yang bertajuk Unveiling Indonesia’s Financial Evolution: Fintech Lending and Paylater Adoption. Tercatat, Shopee Paylater menjadi aplikasi paylater yang paling banyak digunakan oleh responden, posisi kedua ditempati oleh GoPay Later, disusul Akulaku Paylater dan Kredivo.

Untuk lebih jelasnya, berikut rincian aplikasi paylater yang menjadi pilihan terbaik bagi para pengguna layanan pembayaran online “beli sekarang bayarnya nanti – buy now pay later” yang marak sekarang ini.

Aplikasi PayLater Yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

  1. Shopee PayLater, digunakan oleh sebanyak 77% responden.
  2. GoPay Later, digunakan oleh sebanyak 28% responden.
  3. Akulaku PayLater, digunakan oleh sebanyak 18% responden.
  4. Kredivo, digunakan oleh sebanyak 14% responden.
  5. Traveloka PayLater, digunakan oleh sebanyak 9% responden.
  6. Indodana PayLater, digunakan oleh sebanyak 4% responden.
  7. Home Credit, digunakan oleh sebanyak 3% responden.
  8. Atome, digunakan oleh sebanyak 2% responden.
  9. Lainnya, digunakan oleh sebanyak 2% responden.

Profil Responden

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 15-18 September 2023, melibatkan 555 responden pengguna aplikasi paylater dari total 1.017 responden yang mewakili seluruh demografi Indonesia.

Mayoritas responden adalah Gen Z dan Milenial, berasal dari kalangan menengah keatas, bekerja, dan sebagian besar tinggal di pulau Jawa.

Proporsi responden didominasi perempuan sebanyak 51%, sedangkan laki-laki sebanyak 49%. Dengan status responden, sebanyak 64% lajang, 29% menikah punya anak, kemudian menikah tanpa anak (6%).

Responden berasal dari kelompok usia 17-55 tahun, didominasi oleh kelompok usia 17-25 tahun (55%), disusul kelompok usia 26-35 tahun (31%), kelompok usia 36-45 (11%), sisanya usia 46-55 (3%).

Sebagian besar responden berasal dari pulau Jawa (79%), diikuti pulau Sumatera (12%), dan pulau lainnya (9%).

Mayoritas responden adalah pekerja (56%), pelajar (21%), pengusaha (11%), ibu rumah tangga (6%), dan profesi lainnya (6%).

Layanan PayLater di IndonesiaBaca juga: Layanan PayLater: Produk, Bunga Cicilan, dan Penyedia Jasa

Frekuensi Penggunaan Layanan PayLater

Data survey Populix menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna aplikasi paylater terbaik menggunakan layanan kurang dari sekali dalam sebulan (51%), diikuti sekali sebulan (33%), dan 2-3 kali sebulan (16%).

Mayoritas pengguna aplikasi paylater mengandalkan 1 aplikasi (82%), 2-3 aplikasi (17%), 4-5 aplikasi (1%), dan di atas 5 aplikasi (0%).

Pola ini menunjukkan bahwa masyarakat cenderung masih menggunakan tabungan sebagai solusi keuangan ketika menghadapi kebutuhan dana mendesak atau tak terduga, dibandingkan menggunakan paylater sebagai cara rutin untuk membiayai pengeluaran sehari-hari.

Layanan paylater umumnya digunakan dalam situasi darurat saja, terlihat dari sebagian besar pengguna menggunakannya kurang dari sekali dalam sebulan.

Besaran Jumlah Pinjaman & Cicilan Perbulan PayLater

Berdasarkan besaran jumlah pinjaman, sebanyak 75% responden meminjam uang kurang dari Rp1 juta, disusul Rp2 juta-Rp3 juta (17%), Rp3 juta-Rp4 juta (4%), Rp4 juta-Rp5 juta (3%), dan di atas Rp5 juta (1%).

Sedangkan, berdasarkan besarnya cicilan paylater perbulan, sebanyak 82% responden memilih cicilan bulanan kurang dari Rp1 juta, disusul Rp2 juta-Rp3 juta (13%), Rp3 juta-Rp4 juta (3%), Rp4 juta-Rp5 juta (1%), dan di atas Rp5 juta (1%).

Jika melihat nilai pinjaman tersebut, ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung memilih pinjaman dana dengan jumlah cicilan yang lebih kecil. Mungkin untuk memastikan bahwa anggaran bulanan mereka tetap berada dalam batas yang mudah dikelola.

Pinjaman Pribadi atau PinPri, Pahami Cara Kerja dan BahayanyaBaca juga: Pinjaman Pribadi atau PinPri, Pahami Cara Kerja dan Bahayanya

Tujuan Penggunaan Pinjaman & Kriteria Memilih PayLater

Prioritas konsumen dalam menggunakan jasa layanan paylater faktornya pun beragam, sebanyak 48% menggunakannya untuk membeli paket data internet/bayar tagihan listrik/kartu kredit, membeli pakaian (48%), pengeluaran bulanan (35%), beli aksesoris gadget dan elektronik (21%), beli gadget terbaru (19%), untuk traveling dan hiburan (10%), dan lainnya (6%).

Pertimbangan memilih aplikasi paylater terbaik yaitu, sebanyak 71% responden memilih aplikasi paylater yang terhubung ke marketplace, berlisensi OJK (67%), pembayaran cicilan yang fleksibel (57%), pendaftaran yang mudah (52%), dan suku bunga rendah (50%).

Demikian informasi mengenai 8 aplikasi paylater terbaik yang paling banyak digunakan di Indonesia versi survei Populix periode September 2023.

Sumber:  Populix

error: Content is protected !!