Istilah-Istilah Seputar Bisnis Perkreditan dan Pembiayaan

0

Dalam pembahasan kali ini, Kreditpedia ingin mengulas istilah-istilah yang sering digunakan saat kita mengajukan pembiayaan atau kredit ke perusahaan pembiayaan (multifinance), yang mungkin belum pernah didengar, atau mungkin pernah didengar atau dibaca tapi belum begitu dipahami. Apa saja? Berikut ulasannya.

Akad Kredit adalah Proses penandatanganan perjanjian atau kontrak kredit antara pemberi kredit (kreditur) dan penerima kredit (debitur).

Agunan (Collateral) adalah Barang atau benda yang diserahkan nasabah/debitur kepada perusahaan multifinance sebagai jaminan dalam rangka pemberian fasilitas kredit atau pembiayaan yang diterima debitur.

Angsuran adalah Besarnya pembayaran cicilan kredit yang dilakukan dengan cara mengangsur dalam jangka waktu tertentu, nilainya sudah termasuk pokok utang dan bunga.

Angsuran Dibayar Dibelakang (In Arrear) adalah Pembayaran angsuran pertama saat akan jatuh tempo dalam 1 bulan kedepan sehingga periode kredit masih utuh.

Angsuran Dibayar Didepan (In Advance) adalah Pembayaran angsuran bersamaan dengan pembayaran uang muka (down payment), sehingga sisa periode kredit berkurang 1 kali atau 1 bulan.

Bunga Kredit adalah Harga yang harus dibayar oleh nasabah kepada perusahaan pembiayaan atas fasilitas yang diterima oleh nasabah dalam bentuk pinjaman atau kredit. Bunga dinyatakan dalam bentuk persentase.

Bunga Flat adalah Perhitungan bunga yang dihitung dari pokok pinjaman awal dan tidak berubah selama jangka waktu (tenor) kredit, perhitungan bunga selalu menghasilkan porsi pembayaran angsuran yang sama/tetap setiap bulan.

Bunga Efektif adalah Perhitungan bunga berdasarkan saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya, angsuran bulan kedua lebih kecil dari bulan pertama, demikian pula untuk bulan-bulan berikutnya. sehingga porsi pembayaran angsuran semakin menurun dari waktu ke waktu, semakin mengecil dibandingkan pembayaran pokoknya.

Bunga Tetap (Fixed Rate) adalah Besarnya bunga yang harus dibayar debitur selama jangka waktu yang diperjanjikan tidak berubah.

Bunga Mengambang (Floating Rate) adalah Besarnya bunga yang harus dibayar debitur dapat berubah sesuai dengan tingkat suku bunga bank. Ketika tingkat suku bunga pasar naik, maka bunga pinjaman nasabah juga ikut naik. Sebaliknya jika ada penurunan suku bunga, bunga pinjaman nasabah juga ikut turun.

Biaya administrasi adalah Sejumlah biaya yang dikeluarkan untuk mengurus administrasi kredit dan hanya akan dibayarkan satu kali pada awal pengajuan saja. Besarnya biaya administrasi akan bervariasi dan tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan multifinance.

Channeling adalah Dana pada kegiatan usaha pembiayaan untuk skema ini berasal dari pihak lain yang bekerja sama dengan Perusahaan Pembiayaan, terdiri atas Bank, perusahaan pembiayaan sekunder perumahan, lembaga keuangan mikro, dan perusahaan pembiayaan lainnya. Risiko yang timbul dari kegiatan ini ditanggung oleh pihak yang memiliki dana, sedangkan Perusahaan Pembiayaan hanya bertindak sebagai pengelola dana dan memperoleh imbalan atas hal tersebut.

Debitur adalah Orang atau badan usaha yang mendapatkan fasilitas kredit/pinjaman/pembiayaan dari lembaga keuangan (perusahaan pembiayaan).

Debt Service Ratio (DSR) adalah Maksimal kredit yang dapat diberikan perusahaan pembiayaan atas dasar perbandingan besarnya angsuran kredit maksimal terhadap pendapatan calon debitur yang sudah disetujui perusahaan pembiayaan. Besaran persentase rasio sekitar 35% dari pendapatan debitur.

Denda adalah Bentuk hukuman yang melibatkan uang yang harus dibayarkan oleh nasabah/debitur dalam jumlah tertentu karena keterlambatan pembayaran angsuran. Jenis yang paling umum adalah uang denda dan bersifat denda harian (denda dihitung perhari).

Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

Finance Lease (Sewa Pembiayaan) adalah Kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang oleh perusahaan pembiayaan untuk digunakan debitur selama jangka waktu tertentu, yang mengalihkan secara substansial manfaat dan risiko atas barang yang dibiayai.

Istilah-Istilah Seputar Bisnis Perkreditan dan Pembiayaan

Harga On The Road (OTR) adalah Harga beli mobil setelah ditambahkan dengan pajak dan berbagai dokumen atau surat-surat berharga, seperti STNK dan BPKB. Harga On The Road bisa dikatakan sebagai harga keseluruhan yang harus dibayar konsumen sebelum membawa pulang unit mobil, dimana harga tersebut telah mencakup harga kendaraan (mobil) beserta dengan surat-surat berharga (STNK dan BPKB).

Harga Off The Road adalah Harga beli unit mobil dan tidak termasuk dengan dokumennya. Ketika konsumen membeli satu unit mobil dengan Harga Off The Road, maka konsumen hanya baru membayar harga untuk kendaraannya (mobil) saja dan konsumen masih harus membayar sejumlah dana untuk pengurusan surat-surat berharga, yakni STNK dan BPKB.

Jatuh Tempo adalah Waktu pembayaran angsuran atau cicilan kredit.

Joint Financing adalah Dana pada skema ini bersumber dari Perusahaan Pembiayaan dan pihak lain yang menjalin kerja sama, yaitu Bank, perusahaan pembiayaan sekunder perumahan, lembaga keuangan mikro, dan perusahaan pembiayaan lainnya, dengan risiko yang timbul menjadi beban masing-masing pihak secara proporsional atau sesuai dengan yang diperjanjikan.

Kredit secara sederhana bisa diartikan pinjaman dana yang diberikan oleh pemberi kredit (kreditur) kepada seseorang (debitur), dan penerima kredit berkewajiban untuk mengembalikan pokok utang dan bunganya secara mengangsur dalam jangka waktu yang ditentukan. Menurut UU Perbankan No. 10 tahun 1998 menyebutkan bahwa Kredit adalah Penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain, yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

Kreditur adalah Lembaga keuangan yang memberikan dana kredit/pinjaman kepada debitur atau konsumen.

Leasing (Sewa Guna Usaha) adalah Kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (finance lease) maupun sewa guna usaha tanpa hak opsi (operating lease) untuk digunakan oleh penyewa guna (lesse) selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala atau angsuran.

Non Performing Financing (NPF) adalah Proporsi kualitas aset piutang pembiayaan kategori macet dan diragukan terhadap total piutang atas kegiatan pembiayaan.

Pembiayaan Konsumen (Consumer Finance) adalah kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan sistim pembayaran angsuran atau berkala oleh konsumen

Pembiayaan Investasi adalah Pembiayaan untuk pengadaan barang-barang modal beserta jasa yang diperlukan untuk aktivitas usaha/investasi, rehabilitasi, modernisasi, ekspansi atau relokasi tempat usaha/investasi yang diberikan kepada debitur dalam jangka waktu lebih dari 2 (dua) tahun.

Pembiayaan Modal Kerja adalah Pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran-pengeluaran yang habis dalam satu siklus aktivitas usaha debitur dan merupakan pembiayaan dengan jangka waktu paling lama 2 (dua) tahun.

Pembiayaan Multiguna adalah Pembiayaan untuk pengadaan barang dan/atau jasa yang diperlukan oleh debitur untuk pemakaian/konsumsi dan bukan untuk keperluan usaha (aktivitas produktif) dalam jangka waktu yang diperjanjikan.

Sale and Leaseback (Jual dan Sewa Balik) adalah Kegiatan pembiayaan dalam bentuk penjualan suatu barang oleh debitur kepada perusahaan pembiayaan yang disertai dengan menyewa-pembiayaankan kembali barang tersebut kepada debitur yang sama.

Tenor adalah Jangka waktu atau lamanya kredit yang diajukan, yang disesuaikan dengan ketentuan perusahaan pembiayaan, biasanya ditentukan dalam bentu bulan atau tahun. Tenor juga dapat diartikan sebagai lamanya angsuran kredit.

Apa Itu Multifinance atau Perusahaan Pembiayaan?Baca juga: Apa Itu Multifinance atau Perusahaan Pembiayaan?

About Author

Founder Kreditpedia | Financial Services Professional.. Read more

Leave A Reply

error: Content is protected !!