Manfaat Fintech Bagi Masyarakat dan Sektor UMKM

Manfaat Fintech untuk Masyarakat dan Sektor UMKM

Hadirnya Fintech dapat memberikan berbagai manfaat yang begitu besar bagi masyarakat umum dan sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Berkat platform fintech, masyarakat dapat menjalankan berbagai macam aktivitas keuangan dengan lebih cepat, mudah dan praktis, mulai dari pembayaran hingga pendanaan.

Apa Itu Fintech?

Fintech atau financial technology adalah teknologi keuangan atau inovasi teknologi yang dikembangkan untuk keperluan finansial sehingga transaksi keuangan prosesnya menjadi lebih praktis, mudah dan efektif.

Menurut Bank Indonesia, fintech adalah hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang tunai, kini transaksi pembayaran dapat dilakukan secara jarak jauh dan dalam hitungan detik saja.

Di Indonesia, ada banyak jenis platform fintech yang mampu memberikan solusi keuangan bagi masyarakat. Ada crowdfunding (penggalangan dana), microfinancing (layanan fintech bagi pelaku usaha mikro untuk mendapatkan modal usaha), fintech p2p lending (pinjol), market comparison (market aggregator), dan digital payment system (platform pembayaran online untuk pembayaran beragam tagihan/transaksi).

Peraturan OJK Fintech LendingBaca juga: Peraturan OJK Terbaru Tentang Fintech Lending

Apa Manfaat Fintech?

Adanya teknologi finansial membawa pengaruh positif bagi banyak pihak, baik bagi masyarakat umum, pelaku UMKM, penyelenggara fintech, maupun negara, Berikut ini beberapa manfaat utama fintech yang perlu diketahui.

1. Meningkatkan Inklusi Keuangan

Fintech mendorong peningkatan inklusi keuangan masyarakat. Inklusi keuangan yang dimaksud yakni keterlibatan masyarakat dalam transaksi finansial, mulai dari jual beli, iuran, sampai simpan pinjam. Kemudahan teknologi fintech telah menjembatani berbagai transaksi keuangan, sehingga inklusi keuangan pun makin meningkat di tanah air.

2. Fleksibilitas Layanan Finansial

Fintech mendatangkan kemudahan dalam layanan transaksi keuangan. Ketika akan melakukan transaksi finansial, masyarakat tidak perlu lagi mendatangi bank, multifinance atau institusi keuangan lainnya.

Aktivitas keuangan tidak lagi terbatas pada transaksi offline, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat secara online, di mana saja, dan kapan saja tanpa batasan.

3. Kemudahaan Akses Pendanaan

Manfaat fintech berikutnya, terbuka luasnya akses ke layanan keuangan bagi masyarakat umum, dan pelaku bisnis UMKM yang sebelumnya sulit mengakses layanan perbankan dan keuangan (unbankable).

Dengan fintech, akses pendanaan menjadi lebih baik, lebih gampang bagi para pelaku usaha untuk memperoleh pinjaman atau modal usaha. Fintech dapat menjangkau masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh perbankan konvensional.

4. Membantu Pelaku UMKM

Fintech memberikan peluang baru bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Misalnya, kemudahan yang ditawarkan oleh fintech dapat meningkatkan penjualan di bisnis e-commerce.

Fintech berperan dalam memberikan modal usaha bagi para pelaku UMKM. Biasanya, sebelum ada fintech, pelaku bisnis kecil dan menengah mengandalkan pinjaman dari bank yang disertai bunga tinggi dan berbagai persyaratan.

Aplikasi Pinjol Paling Banyak Digunakan di IndonesiaBaca juga: Aplikasi Pinjol Paling Banyak Digunakan di Indonesia

5. Platform Pinjaman dengan Bunga dan Biaya Yang Ringan

Adanya fintech memberikan solusi pinjaman dengan bunga yang lebih ringan. Banyak sekali platform fintech yang bisa dipilih untuk mendapatkan pinjaman dana sesuai kebutuhan atau keinginan setiap individu atau pelaku UMKM.

Fintech juga membantu mengefisienkan biaya transaksi dan administrasi dalam layanan keuangan. Fintech membantu konsumen mendapatkan layanan dengan biaya yang lebih rendah, sehingga berdampak positif pula pada profitabilitas perusahaan.

6. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Kehadiran fintech dapat mendorong perputaran ekonomi menjadi lebih cepat. Akses keuangan yang mudah dapat mendukung arus perputaran ekonomi menjadi kian praktis dan efisien.

Dengan adanya kemudahan pinjaman modal usaha bagi UMKM, aktivitas bisnis pun dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga fintech membawa manfaat untuk kehidupan yang lebih sejahtera serta taraf ekonomi yang lebih baik pula bagi masyarakat.

Demikianlah manfaat fintech bagi masyarakat umum dan sektor UMKM di era digital ini.

error: Content is protected !!