Memilih Perusahaan Pembiayaan yang Tepat untuk Pinjaman

Memilih Perusahaan Pembiayaan yang Tepat untuk Pinjaman

Tingginya minat masyarakat untuk membeli barang kebutuhan konsumen, seperti mobil, motor, elektronik, furnitur, gadget, alat-alat rumah tangga, dengan cara mencicil menjadi salah satu faktor meningkatnya pertumbuhan usaha jasa pembiayaan konsumen.

Berbagai perusahaan pembiayaan (multifinance) kemudian hadir sebagai upaya untuk mempermudah dan mempercepat terpenuhinya kebutuhan finansial konsumen tersebut.

Agar kebutuhan konsumen dalam memiliki barang yang diidamkan dapat terpenuhi secara cepat, mudah, praktis dan aman, selayaknya konsumen harus cerdas memilih perusahaan pembiayaan yang akan menjadi mitra mereka dalam melakukan transaksi secara kredit.

Tujuannya agar tidak menemui kendala mulai dari saat pengajuan kredit, selama masa pembayaran angsuran hingga penyimpanan dokumen yang aman, serta kesempatan untuk repeat order.

Nah, bagaimana cara memilih perusahaan multifinance yang tepat untuk pembiayaan Anda? Berikut tipsnya:

Tips Memilih Perusahaan Pembiayaan

1. Memiliki Reputasi yang Baik dan Terpercaya

Memiliki reputasi baik di mata publik menjadi cerminan mutu pelayanan serta komitmen tinggi perusahaan untuk membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan pembiayaannya.

Perusahaan multifinance yang terpercaya umumnya memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan banyak rekanan dealer/principal/merchant.

Selanjutnya, untuk keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi, pastikan perusahaan pembiayaan sudah memiliki legalitas dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Serta terdaftar sebagai anggota APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia).

2. Memiliki Produk yang Fleksibel, Kompetitif dan Solutif

Menghadirkan produk yang fleksibel, kompetitif dan solutif merupakan kelebihan perusahaan pembiayaan dalam menjawab setiap kebutuhan konsumen yang sangat kompleks.

Menawarkan beragam portofolio pembiayaan, seperti pembiayaan mobil, sepeda motor, multiguna, elektronik dan furnitur, gadget, mesin dan alat berat, hingga pembiayaan syariah.

Memberikan paket-paket pembiayaan yang memenuhi keinginan konsumen serta pilihan besaran angsuran yang sesuai kemampuan keuangan konsumen.

3. Proses Mudah, Cepat dan Praktis

Tak pelak lagi, persyaratan dokumen yang mudah, proses persetujuan kredit yang cepat dan juga praktis, menjadi salah satu nilai tambah utama bagi perusahaan pembiayaan.

4. Memiliki Banyak Pilihan Channel Pembayaran

Perusahaan multifinance yang dipilih sebaiknya memiliki beragam pilihan kanal atau tempat pembayaran angsuran yang mudah diakses dan ada di mana-mana. Seperti di Alfamart, Indomaret, kantor POS, ATM, e-Commerce, e-Wallet (dompet digital), ataupun melalui auto debet rekening tabungan.

Hal ini untuk efisiensi proses, karena transaksi dapat dilakukan di mana saja dan menghemat waktu serta tenaga. Tak perlu mendatangi kantor cabang perusahaan pembiayaan lalu ngantri berlama-lama.

Perusahaan Multifinance Syariah di IndonesiaBaca juga: Perusahaan Multifinance Syariah di Indonesia

5. Perusahaan Pembiayaan Memiliki Layanan Keuangan Digital

Perusahaan pembiayaan yang menjadi pilihan sebaiknya memiliki layanan digital (digital financing) yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan layanan pembiayaan.

Di era digital ini, pengajuan pinjaman secara online telah menjadi tren. Lewat aplikasi mobile, pengajuan kredit bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor cabang.

Melalui aplikasi mobile juga konsumen bisa mengakses beragam info produk pembiayaan, tracking pengajuan aplikasi, jadwal pembayaran, hingga pembayaran cicilan secara online pun dapat dilakukan.

6. Kendaraan Dilindungi Asuransi Selama Masa Kredit

Jika membeli mobil sebaiknya di-cover oleh asuransi, demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan akibat kecelakaan maupun hilang akibat pencurian.

Ada 2 tipe perlindungan asuransi, yaitu All Risk dan TLO (Total Loss Only).

Menjadi nilai tambah, apabila terjadi klaim asuransi kendaraan, staf perusahaan multifinance turut membantu konsumen saat mengajukan klaim kepada pihak asuransi.

7. Kemudahan Akses Informasi

Perusahaan pembiayaan menyediakan beragam sarana komunikasi yang bisa diakses setiap waktu, seperti call center, website, email, live chat, dan akun-akun media sosial perusahaan, dengan begitu mempermudah konsumen untuk mendapatkan informasi dan layanan perusahaan, hingga pengaduan konsumen.

8. Keamanan dan Kemudahan Pengambilan BPKB

Penyimpanan BPKB yang aman, serta dapat langsung diambil saat pembayaran angsuran sudah lunas merupakan salah satu komitmen yang harus dimiliki oleh perusahaan pembiayaan yang baik dalam mewujudkan kepercayaan nasabahnya.

9. Menjunjung Tinggi Etika Penagihan

Perusahaan multifinance yang profesional, dalam melakukan penagihan akan mengingatkan nasabah yang mengalami keterlambatan pembayaran cicilan kredit secara sopan dan beretika, baik melalui telepon, surat, email maupun kunjungan langsung ke konsumen.

Semoga, 9 cara atau tips dalam memilih perusahaan pembiayaan yang diuraikan dengan cukup panjang bisa membantu Anda menentukan pilihan dengan tepat untuk pin

Perusahaan Multifinance Indonesia 2021Baca juga: Peringkat Perusahaan Multifinance 2021 di Indonesia
error: Content is protected !!